Jawablah Salam Saudaramu


بسم الله الرحمن الرحيم


 


السؤال
السلام عليكم ما حكم إلقاء السلام ورده هل هو سنة أم فرض كفاية أو فرض عين ؟
الإجابــة




الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أما بعد:
فإلقاء السلام سنة عند جمهور العلماء، وهو سنة عين على المنفرد، وسنة كفاية على الجماعة، والأفضل السلام من جميعهم لتحصيل الأجر، وأما رد السلام ففرض بالإجماع.
قال النووي رحمه الله في المجموع: وأما جواب السلام فهو فرض بالإجماع، فإن كان السلام على واحد، فالجواب: فرض عين في حقه، وإن كان على جميع فهو فرض كفاية، فإذا أجاب واحد منهم أجزأ عنهم، وسقط الحرج عن جميعهم، وإن أجابوا كلهم كانوا كلهم مؤدين للفرض، سواء ردوا معاً أو متعاقبين، فلو لم يجبه أحد منهم أثموا كلهم، ولو رد غير الذين سلم عليهم لم يسقط الفرض والحرج عن الباقين. 
وقال أيضاً: قال أصحابنا: يشترط في ابتداء السلام وجوابه رفع الصوت بحيث يحصل الاستماع، وينبغي أن يرفع صوته رفعاً يسمعه المسلَّم عليهم، والمردود عليهم سماعا محققاً، ولا يزيد في رفعه على ذلك، فإن شك في سماعهم زاد واستظهر. انتهى
وقد دل على استحباب إلقاء السلام قوله صلى الله عليه وسلم: لا تدخلوا الجنة حتى تؤمنوا، ولا تؤمنوا حتى تحابوا، أولا أدلكم على شيء إذا فعلتموه تحاببتم: أفشوا السلام بينكم. رواه مسلم. 
ودل على وجود الرد قوله تعالى: وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا [النساء:86].
فأمر بالرد بمثلها أو بأحسن منها، والأصل في الأمر أن يكون للوجوب ما لم يوجد صارف إلى الندب ولا صارف هنا.
ولا شك أن ابتداء السلام مأمور به كذلك، لكن حمل الجمهور الأمر فيه للندب، وأخذ الحنفية بظاهره فأوجبوا إلقاء السلام، وهو قول للمالكية والمشهور عنهم موافقتهم للجمهور.

وروى الأعمش عن عمرو بن مرة عن عبدالله بن الحارث قال: إذا سلم الرجل على القوم كان له فضل درجة، فإن لم يردوا عليه ردت عليه الملائكة ولعنتهم..


Pertanyaan:
Assalaamu'alaikum, apakah hukum mengucapkan  dan menjawab salam? apakah hukumnya sunnah, atau fardhu kifayah atau hukumnya fardhu 'ain?

Jawaban:
segala puji hanya milik Alloh sholawat dan salaam semoga tercurah kepada Rosulillaah, kepada keluarganya dan sahabatnya amma ba'du.
Mengucapkan salam hukumnya sunnah menurut pendapat mayoritas para ulama, dan hukumnya sunnah 'ain bagi satu orang, dan sunnah kifayah bagi jama'ah.
Dan yang afdhol adalah mereka semua mengucapkan salam agar mendapatkan pahala (semuanya), ADAPUN MENJAWAB SALAM HUKUMNYA ADALAH WAJIB berdasarkan ijma' (kesepakatan para ulama).
Berkata Imam an-Nawawi rohimahuLloh dalam kitab al-majmu': " .... dan ADAPUN MENJAWAB SALAM HUKUMNYA ADALAH FARDHU (WAJIB) berdasarkan ijma' ('ulama), apabila salam ditujukan kepada satu orang maka jawabannya wajib 'ain (hanya wajib dijawab oleh satu orang tersebut), namun apabila salam ditujukan kepada sekumpulan orang maka hukumnya wajib kifayah, apabila telah menjawab salah satu dari mereka maka hal itu boleh dan menggugurkan dosa mereka semua, dan apabila mereka menjawab semua maka mereka telah melaksanakan kewajiban, sama saja apakah mereka menjawab secara serempak bersama-sama atau menjawabnya secara bergantian, APABILA TIDAK ADA YANG MENJAWAB SATU ORANGPUN MAKA MEREKA SEMUA BERDOSA! Dan apabila yang menjawab bukan orang yang disalami maka tidak jatuh kewajiban dan dosanya bagi yang lain (yang ditujukan salam akan tetapi tidak menjawab).
Dan Imam an-Nawawi berkata lagi : berkata sahabat kita : "disyaratkan ketika memulai atau menjawab salam dengan mengangkat suara agar bisa terdengar, dan seharusnya dia mengangkat suaranya agar bisa terdengar oleh orang yang disalami, dan oleh orang dijawab salamnya sehingga benar-benar terdengar, dan tidak boleh menambah suaranya lebih dari itu, namun apabila dia ragu terhadap pendengaran mereka maka tambah (meninggikan suaranya) dan diperjelas lagi.." selesai

Dan yang menunjukkan atas disunnahkannya mengucapkan salam adalah sabda Nabi shollallohu 'alaihi wasallam :

 لا تدخلوا الجنة حتى تؤمنوا، ولا تؤمنوا حتى تحابوا، أولا أدلكم على شيء إذا فعلتموه تحاببتم: أفشوا السلام بينكم. رواه مسلم

"kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman dan kalian tidak akan beriman sehingga kalian saling mencintai, tidakkah aku tunjukkan kepada sesuatu yang apabila kalian mengerjakannya kalian akan saling mencintai?, sebarkanlah salam diantara kalian" [HR.Muslim]

Dan adapun dalil yang menunjukkan atas wajibnya menjawab salam adalah firman Alloh Ta'ala
: وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا [النساء:86
"Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa) Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu"

Maka dalam ayat tersebut Alloh memerintahkan untuk membalas salam dengan yang semisalnya atau dengan yang lebih baik.
Dan hukum asal dalam perintah adalah WAJIB selama tidak didapatkan shoorif (yang memalingkan dari yang wajib) menjadi sunnah, dan dalam hal ini tidak ada shoorif.

Dan tidak diragukan pula bahwa memulai salam adalah suatu hal yang diperintahkan, akan tetapi jumhur (mayoritas 'ulama) membawa makna perintah tersebut kepada sunnah.

Ulama Hanifiyyah berpegang dengan dhohirnya (dhohir yang nampak dari dalil) maka mereka menyatakan wajibnya memulai salam, dan pendapat ini juga dipegang oleh Maalikiyyah. Adapun pendapat yang masyhur dari kalangan mereka adalah pendapat jumhur.

Imam Al-'Amasy meriwayatkan dari 'Amr bin Murroh dari Abdillah bin Al-Haarits beliau berkata: "apabila seseorang mengucapkan salam kepada suatu kaum maka dia memiliki keutamaan derajat, apabila mereka tidak menjawab salamnya maka para malaikat menjawab salamnya dan melaknat kaum tersebut" (Tafsir al-Qurtubi)


 وبالله التوفيق والحمدلله رب العالمين
…………………….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nasehat dan saran kami harapkan.
بارك الله فيكم